thumbnail

Contoh RPP Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SDN Tambak Sirang Baru Kec. gambut
Kelas : V ( Lima )
Semester : 2 (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

A. Standar Kompetensi
6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya atau model.

B. Kompetensi Dasar
6.1. Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.

C. Indikator
1. Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap)
2. Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung atau cekung).
D. Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran NHT, siswa dapat :
1. mengetahui sifat-sifat cahaya yang mengenai berbagai benda.
2. Mencari informasi tentang sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung.
3. Melakukan percobaan untuk mengenal sifat bayangan pada cermin


E. Materi Ajar
Cahaya dan sifat-sifatnya
Cahaya membuat kita dapat melihat benda-benda di sekitar kita. Bagaimana cahaya dapat membantu kita dalam melihat suatu benda? Marilah kita mencari jawabannya dalam bab ini!
A. Sifat-Sifat Cahaya
Cahaya mempunyai sifat-sifat tertentu. Sifat-sifat cahaya banyak manfaatnya bagi kehidupan. Apa sajakah sifat-sifat cahaya itu?
1. Cahaya Merambat Lurus
2. Cahaya Dapat Dipantulkan
3. Cahaya Dapat Dibiaska
4. Cahaya Dapat Diuraikan

F. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together)
2. Metode : Ceramah, Tanya Jawab, penugasan

G. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajak semua siswa berdo’a bersama-sama
b. Mengkondisikan kelas
c. Mengecek kehadiran siswa
d. Menuliskan tujuan pelajaran tentang materi cahaya dan alat optik
e. Melakukan appersepsi yaitu dengan mengajak siswa bernyanyi

2. Kegiatan Inti
a. Guru menuliskan judul pembahasan di papan tulis yaitu cahaya dan alat optik
b. Guru menjelaskan materi tentang materi cahaya dan alat optik dengan menggunakan media yang telah disiapkan guru, kemudian melakukan tanya jawab dengan siswa tentang materi pelajaran yang disampaikan
c. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok dibagi secara heterogen dan setiap siswa dalam kelompok diberikan nomor yang berbeda, dan setiap anggota kelompok dibagikan Lembar Kerja Siswa (LKS)
d. Dengan bimbingan guru setiap kelompok mendiskusikan LKS bersama anggota kelompoknya.
e. Guru menyebut satu nomor dan para siswa dari tiap kelompok dengan nomor yang sama mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban kepada siswa di kelas.
f. Guru dan siswa mengadakan tanya jawab
g. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok mendapatkan nila tertinggi dan siswa yang berhasil menjawab soal yang diberikan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru melakukan kegiatan refleksi
b. Guru dan siswa menyimpulkan pelajaran bersama-sama
c. Siswa mengerjakan soal evaluasi yang diberikan guru, soal evaluasi tersebut dikerjakan secara individu
d. Guru memberikan saran dan nasihat


H. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1. Buku Sekolah Elektronik “ SAINS” untuk kelas V SD/MI Penerbit Departemen Pendidikan Nasional
2. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
3. Silabus Mata Pelajaran IPA Kelas V SD
4. Gambar-Gambar
5. Nomor siswa
6. Soal Evaluasi

I. PENILAIAN
1. Teknik Penilaian : tes tertulis dan lisan
2. Instrumen penilaian : Soal evaluasi
3. Rumusan tes dan Kunci jawaban

Soal Evaluasi
1. Peristiwa yang merupakan bukti cahaya merambat lurus yaitu . . . .
a. Memantulnya cahaya pada cermin
b. Rambatan cahaya matahari yang lurus ketika melewati genting kaca
c. Cahaya menembus benda bening
d. Terbentuknya pelangi pada saat hujan
2. Kita dapat melihat benda di balik kaca jendela, karena . . . .
a. Kaca jendela tipis
b. Kaca jendela mengilap
c. Cahaya dapat melewati kaca
d. Benda memancarkan cahaya
3. Di bawah ini yang termasuk benda tembus cahaya yaitu . . . .
a. Kertas c. Air jernih
b. Tripleks d. Kayu
4. Di antara jenis benda berikut yang biasa digunakan untuk bercermin yaitu . . . .
a. Cermin datar
b. Cermin cembung
c. Cermin cekung
d. Lensa cembung
5. Bayangan yang dibentuk oleh cermin datar mempunyai sifat . . . .
a. Jarak benda ke cermin sama dengan jarak bayangan ke cermin
b. Bayangan bersifat nyata
c. Bayangan terbalik
d. Bayangan lebih kecil daripada benda aslinya

Kunci Jawaban
1. c. Cahaya menembus benda bening
2. c. Cahaya dapat melewati kaca
3. c. Air jernih
4. a. Cermin datar
5. c. Bayangan terbalik

0 Comments