Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Tipe ini dikembangkan oleh Kagan dengan melibatkan para siswa dalam menelaah bahan yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut (Herdian, 2009).
Langkah-langkah pembelajaran NHT (Numbered Head Together)
Menurut Suyatno (2009 : 53) mengemukakan langkah-langkah pembelajaran NHT (Numbered Head Together) yaitu :
1) Mengarahkan
2) Membuat kelompok heterogen dan tiap siswa memiliki nomor tertentu
3) Memberikan persoalan materi bahan ajar (untuk tiap kelompok sama tapi, tiap siswa dengan nomor sama mendapat tugas yang sama) kemudian bekerja kelompok.
4) Mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan nomor siswa yang sama sesuai tugas masing-masing sehingga terjadi diskusi kelas.
5) Mengadakan kuis individual dan membuat skor perkembangan tiap siswa.
6) Mengumumkan hasil kuis dan memberikan reward.
Foto-foto tahapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT
Guru sedang memberikan penjelasan materi pelajaran dengan menggunakan media pembelajaran sederhana
Membagi siswa menjadi beberapa kelompok secara heterogen dan guru membimbing siswa dalam kegiatan kelompok
Mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan nomor siswa yang sama
Mengadakan kuis individual
Mengumumkan hasil kuis dan memberikan penghargaan
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
0 Comments